Masukan Kata Kunci

Rabu, 25 September 2013

Strategi Pembelajaran di SD Modul 6

Modul 6
Kegiatan pembelajaran 1
Hakikat pungsi dan peranan media pembelajaran

Media pembelajaran
Media dimanfaatkan berbagai pihak untuk keperluan sehari-hari. Misalnya duniabisnis, perusahaan ingin mempromosikan produknya di pasaran dengan memanfaatkan mediaatau sarana seperti televisi, radio, surat kabar, brosur,
leaflet poster dan lain-lain.Guru menggunakan media pembelajaran agar informasi dapat diterima dan diserapdengan baik oleh siswa. Sebagai wujud bahwa bahan ajar diterima oleh siswa dibuktikandengan terjadinya perubahan
perubahan perilaku baik berupa pengetahuan, sikap, maupunketerampilan.Menurut
Heinich, dkk (1993)
media merupakan alat saluran komunikasi.Media berasal dari bahasa latin dan bentuk jamak 
dari kata“medium” secara harfiah berarti“perantara”. Yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (receiver ).Seperti film, televisi, diagram, bahan tercetak ( printed materials), komputer, dan instruktur.Menurut Schramn (1977), teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluanpembelajaran. MenurutBriggs (1977), sarana fisik untuk menyampaikan isi ataumateri pembelajaran seperti buku,film, video,slide, dan sebagainya. Menurut
NEA (1969)
,sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang dengar, termasuk teknologiperangkat kerasnya.Guru berperan sebagai komunikator (communicator ) bertugas menyampaikan pesanatau bahan ajar (messages) kepada siswa. Siswa bertidak sebagai penerima pesan (receiver atau communicant). Media pembelajaran adalah wahana penyalur pesan atau bahan ajar yangdisampaikan guru.Komunikasi dua arah (two way traffic communication)
atau lebih (multi way trafficcommunication) adalah kondisi dimana siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pesannamun bias saja bertindak sebagai penyampai pesan maka diperlukan media untuk lebihmeningkatkan tingkat keefektifan pencapaian tujuan atau kompetensi.Media pembelajaran terdiri atas dua unsur penting yaitu unsur peralatan atauperangkat keras (hardware), dan unsur pesan yang dibawa (messages atau software). Medpembelajaran memerlukan peralatan untuk menyajikan pesan, namun yang terpenting adalahpesan atau informasi belajar yang dibawakan oleh media.Proses pembelajaran akan berhasil apabila siswa turut aktif dalam pembelajaran makadibutuhkan fasilitas sebagai media pembelajaran sehingga dapat lebih mengoptimalkanpencapaian hasil belajarnya. Pengetahuan paling banyak diperoleh secara visual atau indrapengelihatan, setelah itu melalui indra pendengaran. Pengetahuan diperoleh lebih maksimalsecara audiovisual (pendengaran dan pengelihatan).Fungsi media pembelajaran :1.

Bukan merupakan fungsi tambahan.2.
Merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran.3.
Penggunaannya harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai dan isipembelajaran itu sendiri.4.Bukan berfungsi sebagai alat hiburan.5.Berfungsi untuk mempercepat proses belajar.6.
Meningkatkan kualitas belajar-mengajar.7.Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir.Nilai dan manfaat media pembelajaran :1.Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak.2.Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar didapat.3.
 Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil.4.
 Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat

 Kegiatan belajar 2
Jenis dan krakteristik media pembelajaran
1.      Ada 3 jenis media pembelajaran yang perlu di pahami oleh para guru, yaitu media visual. Media audio, dan media audio visual dari masing masing jenis media tersebut terdapat berbagai bentuk media yang dapat di kembangkan dalam kegiatan kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.
2.      Media visual adalah media yang dapat di liat dengan amenggunakan media penghlihatan terdiri atas media yang di proyeksikan ( projekted visual ). Media audio adalah media merangsang piqiran, perasaan, perhatian yang dapat memancing kemauan siswa untuk memahami bahan ajar dan jenisnya, seperti program kaset suara ( audio kasette ). CD audio, dan program radio. Sedangkan media audiovisual merupakan kombinasi dari media audio dan media visual di sebut media pandang dengar.
3.      Setaip media memiliki karakteristik ( kelebihan dan keterbatasan ), oleh karena itu tk ada media yang dapat di gunakan untuk di gunakan semua situasi atau tujuan media mana yang akan di gunakan ketergantungan kepada kompetensi/tujuan yang ingin di capai sifat bahan ajar ketersidiaan media tersebut dan kemampuan guru dalam menggunakannya


Kegiatan belajar 3
Pemilihan, penggunaan, dan perawatan media pembelajaran
1.      Media pembelajaran adalah jenis – jenis media pembelajaran alternatif mudah di buat bahanya mudah di peroleh mudah di gunakan serta hanya lebih murah namaun demikian sederhana tidaknya suatu media tersebut sebensrnya tergantung pada kondisi atu sekolah
2.      Pemilihan media pembelajan pada hakikatnya merupakan peroses pengambilan keputusan yang di lakukan oleh guru untuk menentukan jenis media mana yang lebih tepat di gunakan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran sifat materi yang akan di smapaikan setinggi yang di gunakan serta evaluasinya adanya pilihan media ini di sebutkan sangat banyak dan bervariasi jenis media dengan karakteristik yang berbeda – beda
3.      Kegunaan media pembelajaan sdederhana perlu memperhatikan tujuan yang akan di capai sifat dari bahan ajar karakteristik sasaran peljar membuka ( siswa ) dan kondisi tepat / ruangan yang menjadi pertimbangan antara lain kesederhanaan menarik perhatian adanya penonjolan/penekanan ( misalnya dengan warna) direncanak dengan baik serta menggunakanya siswa lebih aktif belajar
4.      Untuk memelihara media pembelajaran agar awet dan dapat di gunakan lebih lama perlu di punyakan berbagai cara baik secara teknis misalnya dengan memberi bingkai kepada media grafis ( moniting frame ) maupun yang lebih ideal yaitu menyediakan tempat / ruangan secara khusus di set untuk menyimapan berbagai jenis media pembelajaran

Kegiatan belajar 4
Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran

1.      Sumber pembelajaran adalah semua sumber yang di gunakan oleh siswa dalam pembelajaran sumber – sumber tersebut dapat berupa pesan atau informasi orang bahan – bahanalat/perlengkapan teknik/metode dan lingkungan
2.      Lingkungan sebagai sumber pembeljaran yang memiliki nilai – nilai yang sangat berharga di optimalkan dalam peroses pembelajaran lingkunagn dapat memperkaya bahan dan kegiatan pembelajaran siswa
3.      Lingkungan yang dapat di manfaatkan sebagai sumber belajar terdiri atas lingkungan sosial dan lingkungan fisik/lingkungan alam lingkunngan sosisial dapat di gunakan untuk mempelajari ilmu- ilmu sosial dan kemanusiaan lingkungan alam dapat di gunakan untuk mempelajari gejala – gejala alam serta dapat menumbuhkan kesadaran siswa akan cinta alam dan berpartisipasi dalam media alam
4.      Prosedur belajar untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat di tempuh melalui kegiatan dengan membawa siswa kelingkungan seperti survei, karyawisata, berkemah di alam terbuka praktik lapangan dan pelayanan kepada masyarakat atau dengan membawa lingkungan kedalam kelas/ sekolah, seperti pemanfaatan nara sumber yang ada di masyarakat untuk berbicara di sekolah

5.      Agar penggunaan lingkungan agar sumber belajar berhasil dengan baik perlu di lakukan perencanaan plaksanaan dan tidak lanjut dalam melangkah- langkah trsebut guru-guru dan siswa terlibat aktif sehingga kegiatan pemanfaatan lingkungan tersebut menjadi tanggung jawab bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar