Modul 6
Kegiatan pembelajaran 1
Hakikat
pungsi dan peranan media pembelajaran
Media
pembelajaran
Media dimanfaatkan berbagai pihak untuk keperluan sehari-hari. Misalnya
duniabisnis, perusahaan ingin mempromosikan produknya di pasaran dengan
memanfaatkan mediaatau sarana seperti televisi, radio, surat kabar,
brosur,
leaflet poster dan lain-lain.Guru menggunakan media pembelajaran
agar informasi dapat diterima dan diserapdengan baik oleh siswa. Sebagai wujud
bahwa bahan ajar diterima oleh siswa dibuktikandengan terjadinya perubahan
perubahan perilaku baik berupa pengetahuan, sikap,
maupunketerampilan.Menurut
Heinich, dkk
(1993)
media merupakan alat saluran komunikasi.Media berasal dari bahasa latin dan bentuk jamak
dari kata“medium” secara harfiah berarti“perantara”. Yaitu
perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan
(receiver ).Seperti film, televisi, diagram, bahan tercetak
( printed materials), komputer, dan instruktur.Menurut Schramn (1977), teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan
untuk keperluanpembelajaran. MenurutBriggs (1977), sarana fisik untuk
menyampaikan isi ataumateri pembelajaran seperti buku,film, video,slide, dan sebagainya. Menurut
NEA (1969)
,sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang dengar, termasuk
teknologiperangkat kerasnya.Guru berperan sebagai komunikator
(communicator ) bertugas menyampaikan pesanatau bahan ajar (messages)
kepada siswa. Siswa bertidak sebagai penerima pesan (receiver atau
communicant). Media pembelajaran adalah wahana penyalur pesan atau bahan
ajar yangdisampaikan guru.Komunikasi dua arah (two way traffic communication)
atau lebih (multi way trafficcommunication) adalah kondisi
dimana siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pesannamun bias saja
bertindak sebagai penyampai pesan maka diperlukan media untuk lebihmeningkatkan
tingkat keefektifan pencapaian tujuan atau kompetensi.Media pembelajaran
terdiri atas dua unsur penting yaitu unsur peralatan atauperangkat keras
(hardware), dan unsur pesan yang dibawa (messages
atau software). Medpembelajaran memerlukan peralatan untuk menyajikan pesan,
namun yang terpenting adalahpesan atau informasi belajar yang dibawakan oleh
media.Proses pembelajaran akan berhasil apabila siswa turut aktif dalam
pembelajaran makadibutuhkan fasilitas sebagai media pembelajaran sehingga dapat
lebih mengoptimalkanpencapaian hasil belajarnya. Pengetahuan paling banyak
diperoleh secara visual atau indrapengelihatan, setelah itu melalui indra
pendengaran. Pengetahuan diperoleh lebih maksimalsecara audiovisual
(pendengaran dan pengelihatan).Fungsi media pembelajaran :1.
Bukan merupakan fungsi tambahan.2.
Merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran.3.
Penggunaannya harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai dan
isipembelajaran itu sendiri.4.Bukan berfungsi sebagai alat hiburan.5.Berfungsi
untuk mempercepat proses belajar.6.
Meningkatkan kualitas belajar-mengajar.7.Meletakkan dasar-dasar
yang konkret untuk berpikir.Nilai dan manfaat media pembelajaran :1.Membuat
konkret konsep-konsep yang abstrak.2.Menghadirkan objek-objek yang terlalu
berbahaya atau sukar didapat.3.
Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil.4.
Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat
Kegiatan
belajar 2
Jenis
dan krakteristik media pembelajaran
1.
Ada 3 jenis
media pembelajaran yang perlu di pahami oleh para guru, yaitu media visual.
Media audio, dan media audio visual dari masing masing jenis media tersebut
terdapat berbagai bentuk media yang dapat di kembangkan dalam kegiatan kegiatan
pembelajaran di sekolah dasar.
2.
Media visual
adalah media yang dapat di liat dengan amenggunakan media penghlihatan terdiri
atas media yang di proyeksikan ( projekted visual ). Media audio adalah media
merangsang piqiran, perasaan, perhatian yang dapat memancing kemauan siswa
untuk memahami bahan ajar dan jenisnya, seperti program kaset suara ( audio
kasette ). CD audio, dan program radio. Sedangkan media audiovisual merupakan
kombinasi dari media audio dan media visual di sebut media pandang dengar.
3.
Setaip media
memiliki karakteristik ( kelebihan dan keterbatasan ), oleh karena itu tk ada
media yang dapat di gunakan untuk di gunakan semua situasi atau tujuan media
mana yang akan di gunakan ketergantungan kepada kompetensi/tujuan yang ingin di
capai sifat bahan ajar ketersidiaan media tersebut dan kemampuan guru dalam
menggunakannya
Kegiatan belajar 3
Pemilihan, penggunaan, dan
perawatan media pembelajaran
1.
Media
pembelajaran adalah jenis – jenis media pembelajaran alternatif mudah di buat
bahanya mudah di peroleh mudah di gunakan serta hanya lebih murah namaun
demikian sederhana tidaknya suatu media tersebut sebensrnya tergantung pada
kondisi atu sekolah
2.
Pemilihan
media pembelajan pada hakikatnya merupakan peroses pengambilan keputusan yang
di lakukan oleh guru untuk menentukan jenis media mana yang lebih tepat di
gunakan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran sifat materi yang akan di
smapaikan setinggi yang di gunakan serta evaluasinya adanya pilihan media ini
di sebutkan sangat banyak dan bervariasi jenis media dengan karakteristik yang
berbeda – beda
3.
Kegunaan media
pembelajaan sdederhana perlu memperhatikan tujuan yang akan di capai sifat dari
bahan ajar karakteristik sasaran peljar membuka ( siswa ) dan kondisi tepat /
ruangan yang menjadi pertimbangan antara lain kesederhanaan menarik perhatian
adanya penonjolan/penekanan ( misalnya dengan warna) direncanak dengan baik
serta menggunakanya siswa lebih aktif belajar
4.
Untuk
memelihara media pembelajaran agar awet dan dapat di gunakan lebih lama perlu
di punyakan berbagai cara baik secara teknis misalnya dengan memberi bingkai
kepada media grafis ( moniting frame ) maupun yang lebih ideal yaitu
menyediakan tempat / ruangan secara khusus di set untuk menyimapan berbagai
jenis media pembelajaran
Kegiatan belajar 4
Pemanfaatan lingkungan sebagai
media pembelajaran
1.
Sumber
pembelajaran adalah semua sumber yang di gunakan oleh siswa dalam pembelajaran
sumber – sumber tersebut dapat berupa pesan atau informasi orang bahan –
bahanalat/perlengkapan teknik/metode dan lingkungan
2.
Lingkungan
sebagai sumber pembeljaran yang memiliki nilai – nilai yang sangat berharga di
optimalkan dalam peroses pembelajaran lingkunagn dapat memperkaya bahan dan
kegiatan pembelajaran siswa
3.
Lingkungan
yang dapat di manfaatkan sebagai sumber belajar terdiri atas lingkungan sosial
dan lingkungan fisik/lingkungan alam lingkunngan sosisial dapat di gunakan
untuk mempelajari ilmu- ilmu sosial dan kemanusiaan lingkungan alam dapat di
gunakan untuk mempelajari gejala – gejala alam serta dapat menumbuhkan kesadaran
siswa akan cinta alam dan berpartisipasi dalam media alam
4.
Prosedur belajar
untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat di tempuh melalui
kegiatan dengan membawa siswa kelingkungan seperti survei, karyawisata,
berkemah di alam terbuka praktik lapangan dan pelayanan kepada masyarakat atau
dengan membawa lingkungan kedalam kelas/ sekolah, seperti pemanfaatan nara
sumber yang ada di masyarakat untuk berbicara di sekolah
5.
Agar
penggunaan lingkungan agar sumber belajar berhasil dengan baik perlu di lakukan
perencanaan plaksanaan dan tidak lanjut dalam melangkah- langkah trsebut
guru-guru dan siswa terlibat aktif sehingga kegiatan pemanfaatan lingkungan
tersebut menjadi tanggung jawab bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar