MODUL
8
KETERAMPILAN
DASAR MENGAJAR 1
KETERAMPIULAN
MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
Komponen keterampilan membuka peljaran adalah sebagai
berikut
a.
Menarik
perhatian yang dapat di lakukan dengan
1.
Memvariasikan
gaya mengajar guru
2.
Menggunakan
alat bantu mengajar
3.
Memvariasikan
pola interaksi
b.
Menimbulkan
motivasi yang dapat di lakukan dengan
1.
Menujukan
kehangatan dan keantusiasan
2.
Menimbulkan
rasa ingin tau
3.
Mengemukakan
ide yang bertentangan
4.
Memperhatikan
minat siswa
c.
Memberi acuan
yang dapat di lakukan dengan
1.
Mengemukakan
tujuan dan batas-batas tugas
2.
Menyarankan
langkah-langkah yang akan di lakukan
3.
Mengingatkan
masalah pokok yang akan di bahas
4.
Mengajukan
pertanyaan-pertnyaan yang berkaitan dengan materi yang akan di bahas
d.
Membuat kaitan
yang dapat di lakukan dengan
1.
Mengaitkan
aspek-aspek yang relvan dari bidang studi yang telah di ajarkan
2.
Membandingkan
dan mempertentangkan pengetahuan baru dengan pengetahuan lama
3.
Menjelaskan
garis besar konsep untuk bahan yang sama sekali beru
KEGITAN
BELAJAR 2
KETdERAMPILAN
MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL
Guru perlu menguasai keterampilan diskusi kelompok kecil
karena
1.
Musywarah (
diskusi ) sesudah membudaya dalam masyarakat indonesia
2.
Tiap warga
negara indonesia di harapkan memiliki keterampilan diskusi
3.
Keterampilan
berdiskusi / memimpin diskusi tidak di bawa sejak lahir
4.
Diskusi punya
peran khusus dalam pencapaian tujuan pendidikan yang bersifat pembentukan sikap
nilai kebisaan dan keterampilan
Dikusi kelompok kecil dapat terjadi jika sarat-sart berikut
dapat di penuhi antara lain
1.
Jumlah anggota
kelompok 3 – 9 orang
2.
Terjadinya
tatap muka informal
3.
Ada tujuan
yang ingin di capai
4.
Berlangsung
secara sistematis
Komponen keterampilan membimbing diskusi kelopok kecil
terdiri dari
1.
Memusatkat
perhatian
2.
Memperjelas
masalah masalah/uruain siswa
3.
Menganalisis
pandangan siswa
4.
Meningkatlkan
urunan siswa
5.
Menyebarkan
kesempatan berpartisipasi
6.
Menutup
diskusi
Agar dapat
menerapkan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil secara
efektip. Guru harus memperhatikan sejumlah hal, antara lain;
1.
kesesuayan
diskusi dengan topik bidang studi yang di bahas;
2.
kekuatan dan
kelemahan diskusi dalam kegiatan pembelajaran;
3.
perencanaan
dan persiapan yang matang;
4.
iklim diskusi
yang terbuka dan bersahabat;
5.
pemilihan
topik diskusi yang tepat;
Kegiatan belajar 3:
Keterampilan mengelola kelas.
Mengelola kelas pada dasarnya adalah pengaturan orang dan
barang yang memungkinkan terciptanya dan terpliharanya kondisi belajar yang
optimal,kondisi belajar yang optimal sangat menentukan kehasilannyakegiatan
pembelajaran.oleh karna itu, guru perlu menguasai keterampilan untuk
menciptakan kondisi yang optimal tersebut.kegiatan pembelajaran dapat di
badakaan menjadi dua masalah ,yaitu masalah istruksional dan masalah
pengelolaan .guru harus dapat membedakan kedua masalah tersebut agar dapat
menanganinya secara teepat. Masalah intrusional harus di selesaikan secara
intruksional , sedangkan sistim pengelola harus di selesaikan secara pengelola
,komponen ketrampilan mengelola kelas terdiri dari keterampilan yang bersipat
prepentip dan ketrampilan yang bersipat represif, ketrampilan yang bersipat
preventip terkait dengan usaha mencegah terjadinya gangguan,yang dapat di
tunjukan dengan :
1.
sikap tangkap;
2.
membagi
perhatian;
3.
memusatkan
perhatian kelompok;
4.
memberikan
petunjuk yang jelas;
5.
menegur;
6.
memberikan penguatan;
Keterampilan yang bersipat represif, berkaitan dengan usaha
mengatasi gangguan yang muncul,yang dapat dilakukan melalui 3pendekatan
berikut:
1.
modifikasi
tingkah laku ,yang mencakup:
a.
meningkapkan
tingkah laku yang di harapkan.
b.
mengajarkan
tingkah laku yang baru, dan
c.
mengurangi
/menghilangkan tingkah laku yang tidak diharapkan
1.
pengelola
kelompok, yang menekankan pada pemecahan masalah melalui diskusi kelompok.
2.
menemukan dan
memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.
Agar dapat mengelola kelas secara efektip guru harus
memperhatikan beberapa hai di samping menghindari sejumlah prilaku yang
dianggap mudah menimbulkan gandguan.
Kegiatan belajar 4
Keterampilan meagajar kelompok
kecil dan perorangan
Pada dasarnya , siswa mempunyai karakteristik yang sangat
berbeda satu dengan yang lainnya.untuk melanyani perbedaan ini , diperlukan
variasi dan perorganisasian kegiatan klasikal, keloompok kecil dan perorangan
hanya mungkin terwujud jika dipenuhi syarat –syarat tertentu.
1.
ada hudungan
yang sehat dan akrab antara guru-siswa dan antarsiswa
2.
siswa belajar
dengan kecepatan,kemampuan ,cara, dan minat sendiri
3.
siswa mendapat
bantuan sesuai dengan kebutuhannya
4.
siswa
dilibatkan dalam perencanaan pembelajaran .
5.
guru dapatmemainkan
berbagai peran.
Perorganisasian kegiatan klasikal, kelompok kecil,
perorangan dapat di buat berbagai variasi ,sesuai dengan topik / tujuan,
kemampuan siswa, serta kemampuan dan fasilitas yang ada. Agar dapat mengelola
kegiatan kelompok kecil dan perorangan, guru harus menguasai 4 kelompok
komponen keterampilan sebagai berikut .
1.
keterampilan
mengadakan mendekatkan secara pribadi.
2.
keterampilan
mengoganisasikan.
3.
keterampilan
membimbing dan memudahkan belajar
4.
keterampilan
merancanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran.
Agar mengajarkan kelompok kecil dan perorangan dapat
berlangsung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar