Masukan Kata Kunci

Rabu, 25 September 2013

Strategi Pembelajaran di SD Modul 7

MODUL 7
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR 1
Kegiatan belajar 1
Keterampilan bertanya
Guru perlu menguasai keterampilan beratnya karena
a.       Guru cendrung mendominasi kelas dengan ceramah
b.      Meningkatnya keterlibatan siswa
c.       Merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan
d.      Mendominasi kelemahan siswa
e.       Memusatkan perhatian siswa pada satu masalah
f.       Membantu siswa menggunakan pendapat dengan bahan yang baik
Keterampilan bertanya dasar terdiri atas komponen- komponen
a.       Pengajuan pertanyaan secara jelas dan singkat
b.      Pemberian acuan
c.       Pemusatan
d.      Pemindahan giliran
e.       Penyebaran
f.       Pemberian waktu berfikir
g.      Pemberian tuntutan
Keterampilan bertanya lanjut terdiri dari komponen
a.       Pengubahan tuntuan kognitif dalam menjawab pertanyaan
b.      Pengaturan urutan pertanyaan
c.       Penggunaan pertanyaan pelcak
d.      Penignktan terjadinya iteraksi
Dalam menerapkan keterampilan dasar dan lanjut guru perlu memperhatikan perinsip – prinsip berikut
a.       Kehangatan dan keantusiasan
b.      Menghindari kebiasaan menggulung pertanyaan sendiri menjawab pertanyaan sendiri menganjukan pertanyaan yang mengundang jawaban serempak mengulangi jawaban siswa mengajukan pertanyaan ganda dan menujuk siswa siswa sebelum mengajukan pertanyaan
c.       Waktu berfikir yang di berikan pertanyaan tingkat lanjut lebih banyak dari yang di berikan untuk pertanyaan tingkat dasar
d.      Pertanyaan pokok harus di sesuaikan terlebih dahulu kemudian dinilai sesudah selesai belajar




Kegiatan belajar 2
Keterampilan memberi penguatan
Penguatan adalah respon yang di berikan oleh guru terhadap prilaku siswa yang baik yang menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi atau meningkatkan prilaku yang baik tersebut penguatan di berikan dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar mengontrol dan memotivasi prilaku yang negatif menumbuhkan rasa prcaya diri srte memelihara iklim kelas yang kondusif pengutan di bagi menjadi pengutan perbal dan non perbal penggunaan perbal di berikan dalam untuk kata kata / klimat pujian sentuhan kegiatan yang menyenangkan, serta benda / simbol pengutan dapat juga di berikan dalam bentuk pengutan tak penuh jika respon/ prilaku siswa tidak sepenuhnya memenuhi harapan dalam memberikan pengutan harus di perhatikan seperi – seperti berikut
1.      Kehangatan dan keantusiaan
2.      Kebermaknaan
3.      Hindari respon negatif
4.      Pengutan harus berpariasi
5.      Sasaran pengutan harus jelas
6.      Penguatan harus diberikan segera setelah prlaku yang di harapkan muncul


Kegiatan belajar 3
Keterampilan mengadakan variasi

Variasi adalah keanekaragaman yang membuat sesuatu menonton variasi di dalam kegitan pembelajran dapat mengilangkan kebosanaan, meningkatkan minat dan keinginan tahuan siswa, melayani gaya belajr siswa yang beragam,
Komponen keterampilan mengadakan variasi di bagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut.
1.      Variasi dalm gaya belajar yang meliputi variasi secara, pemusatan perhatian, penyiapan pergantian posisi guru, kontak pandung, serta gerakan badan dan mimik
2.      Variasi pola intraksi dan kegiatan
3.      Variasi penggunaan alat bantu pelajar yang meliputi alat/bahan yang dapat di dengar, di lihat dan di manipulasi dalam mengadakan variasi, guru perlu meningkat prinsip-prinsip penggunanya, yang meliputi kesesuaian, kewajaran, kelancaran, dan kesinambungan, serta perencanaan bagi alat alat dan bahan yang memerlukan penataan khusus




2 komentar:

  1. Ada tidak peta konsep untuk modul 7, Min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. utuk peta konsep bikin sndiri joe
      kebetulan pas ana semetr ini gk di pinta hee

      Hapus