MODUL
7
KETERAMPILAN
DASAR MENGAJAR 1
Kegiatan belajar 1
Keterampilan bertanya
Guru perlu menguasai keterampilan beratnya karena
a.
Guru cendrung
mendominasi kelas dengan ceramah
b.
Meningkatnya
keterlibatan siswa
c.
Merangsang
siswa untuk mengajukan pertanyaan
d.
Mendominasi
kelemahan siswa
e.
Memusatkan
perhatian siswa pada satu masalah
f.
Membantu siswa
menggunakan pendapat dengan bahan yang baik
Keterampilan bertanya dasar terdiri atas komponen- komponen
a.
Pengajuan
pertanyaan secara jelas dan singkat
b.
Pemberian
acuan
c.
Pemusatan
d.
Pemindahan
giliran
e.
Penyebaran
f.
Pemberian
waktu berfikir
g.
Pemberian
tuntutan
Keterampilan bertanya lanjut terdiri dari komponen
a.
Pengubahan
tuntuan kognitif dalam menjawab pertanyaan
b.
Pengaturan
urutan pertanyaan
c.
Penggunaan
pertanyaan pelcak
d.
Penignktan
terjadinya iteraksi
Dalam menerapkan keterampilan dasar dan lanjut guru perlu
memperhatikan perinsip – prinsip berikut
a.
Kehangatan dan
keantusiasan
b.
Menghindari
kebiasaan menggulung pertanyaan sendiri menjawab pertanyaan sendiri menganjukan
pertanyaan yang mengundang jawaban serempak mengulangi jawaban siswa mengajukan
pertanyaan ganda dan menujuk siswa siswa sebelum mengajukan pertanyaan
c.
Waktu berfikir
yang di berikan pertanyaan tingkat lanjut lebih banyak dari yang di berikan
untuk pertanyaan tingkat dasar
d.
Pertanyaan
pokok harus di sesuaikan terlebih dahulu kemudian dinilai sesudah selesai
belajar
Kegiatan belajar 2
Keterampilan memberi penguatan
Penguatan adalah respon yang di berikan oleh guru terhadap
prilaku siswa yang baik yang menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi
atau meningkatkan prilaku yang baik tersebut penguatan di berikan dengan tujuan
meningkatkan motivasi siswa dalam belajar mengontrol dan memotivasi prilaku
yang negatif menumbuhkan rasa prcaya diri srte memelihara iklim kelas yang
kondusif pengutan di bagi menjadi pengutan perbal dan non perbal penggunaan
perbal di berikan dalam untuk kata kata / klimat pujian sentuhan kegiatan yang
menyenangkan, serta benda / simbol pengutan dapat juga di berikan dalam bentuk
pengutan tak penuh jika respon/ prilaku siswa tidak sepenuhnya memenuhi harapan
dalam memberikan pengutan harus di perhatikan seperi – seperti berikut
1.
Kehangatan dan
keantusiaan
2.
Kebermaknaan
3.
Hindari respon
negatif
4.
Pengutan harus
berpariasi
5.
Sasaran
pengutan harus jelas
6.
Penguatan
harus diberikan segera setelah prlaku yang di harapkan muncul
Kegiatan belajar 3
Keterampilan mengadakan variasi
Variasi adalah keanekaragaman yang membuat sesuatu menonton
variasi di dalam kegitan pembelajran dapat mengilangkan kebosanaan, meningkatkan
minat dan keinginan tahuan siswa, melayani gaya belajr siswa yang beragam,
Komponen keterampilan mengadakan variasi di bagi menjadi 3
kelompok sebagai berikut.
1.
Variasi dalm
gaya belajar yang meliputi variasi secara, pemusatan perhatian, penyiapan
pergantian posisi guru, kontak pandung, serta gerakan badan dan mimik
2.
Variasi pola
intraksi dan kegiatan
3.
Variasi
penggunaan alat bantu pelajar yang meliputi alat/bahan yang dapat di dengar, di
lihat dan di manipulasi dalam mengadakan variasi, guru perlu meningkat
prinsip-prinsip penggunanya, yang meliputi kesesuaian, kewajaran, kelancaran,
dan kesinambungan, serta perencanaan bagi alat alat dan bahan yang memerlukan
penataan khusus
Ada tidak peta konsep untuk modul 7, Min?
BalasHapusutuk peta konsep bikin sndiri joe
Hapuskebetulan pas ana semetr ini gk di pinta hee